Minggu, 23 September 2012

Focus Group Discussion (FGD) II "Lejitkan Kompetensimu dengan Kompetisi dan Jadilah Kompetitor Terbaik

Assalamu'alaikum rekan intelektual muda rahmatullah :) :) ,,

Alhamdulillah kemarin tanggal 22 September 2012 di ruang 10 jam 9.30 kita dapat berkumpul bersama untuk melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) II dengan Tema : 



Walaupun acara dimulai belum dapat tepat waktu (maaf yah -____-""), tapi alhamdulillah perserta yang hadir mencapai 57 orang yang sangat antusias menghadiri acara ini, Acara ini terbagi menjadi dua Agenda Besar yaitu General Opinion (Pandangan Umum) dan Sharing and Advice (Berbagi Pengalaman). Akhirnya sekitar jam 9an acara dapat kita mulai dengan MC dibawakan oleh saudara Rezha Pratama Lubis dan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh saudara Fauzi Habib, setelah itu acara ini dibuka oleh Ketua Umum BTM Aladdinsyah S.H. Fakultas Hukum USU Saudara kita Priawan Harmasandi Raharjoso here's an overview of our activities :)

Pada Agenda Besar Pertama yaitu General Opinion (Pandangan Umum) disampaikan oleh Saudara Muhammad Reza Winata selaku Ketua Divisi Kajian Keilmuan setelah substansi  General Opinion ini didiskusikan oleh Divisi Kajian Keilmuan, adapun General Opinion diadakan dengan maksud agar kita sebagai Mahasiswa bukan hanya dapat memanggil seorang pemateri dan mendegarkan, tetapi juga belajar untuk dapat mengemukakan pandangan pribadinya terhadap tema acara yang akan didiskusikan.

Saudara Reza membuka diskusi General Opinion dengan menyampaikan alasan dari kami Divisi Kajian Keilmuan membuat diskusi dengan tema : "Lejitkan Kompetensimu dengan Kompetisi dan Jadilah Komptetitor Terbaik", dikarenakan bahwa saat ini tingkat kompetitif dari Mahasiswa sangat minim khusunya di FH USU yang dapat kita buktikan dengan melihat jumlah Mahasiswa yang mengikuti Kompetisi belakangan ini seperti LKTI UNS maupun LKTI Trisakti. Dari dasar inilah kita harus mendobrak pemikiran-pemikiran Mahasiwa yang merasa ketika mengikuti suatu Kompetisi harus memiliki Kompetensi terlebih dahulu dengan cara berpikir think out of the box yaitu mau kita punya kompetensikah, mau kita belum pernah ikut kompetisikah, mau kita belum belajar ilmunyakah, yang terpenting adalah berani mencoba telebih dahulu suatu Kompetisi dan yakinlah Kompetensi yang kita miliki akan meningkat dengan sendirinya. Setelah kita memahami tema Diskusi ini, Saudara Reza mulai masuk ke materi inti dari General Opinion yang terdiri dari 3 Fase yaitu : Fase Urgensi Berkompetisi, Fase Pengenalan Kompetisi di FH, dan yang terakhir Fase Inspirasi Sang Kompetitor-Kompetitor.

Pada awal Fase Urgensi Berkompetisi kita sebagai sorang muslim kembali kepada pedoman utama kita yaitu Al-Quran dan Hadist, ternyata jelas terdapat dalam firman Allah SWT yang menyatakan "...maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan..." (Q.S. Al-Baqarah :148) dari sini dapat kita lihat bahwa sesungguhan Allah SWT telah memerintahkan kita sebagai seorang manusia untuk berlomba-lomba untuk melalukan kebaikan, tidak hanya cukup melakukan tapi pada tingkatan belomba-lomba tentunya dengan cara yang baik dan hal yang baik.

Selanjutnya mari kita juga berkaca pada kehidupan kita sehari-hari sebagai manusia, bahkan semenjak kita belum adapun, sejak masih dalam proses Penciptaan Manusia kita telah berkompetisi dalam bentuk sperma yang berjuataan jumlahnya dan akhirnya hanya satu sperma (dalam pembuahan normal) yang dapat masuk untuk membuahi. Setelah kita dewasa dan melalui banyak tahapan pendidikanpun sebenarnya kita talah melakukan kompetisi, mulai dari ujian masuk dan ujian kelulusan SD, SMP, SMA, dan Pendidikan Tinggi kita telah berkompetisi, tapi sayangnya karena kompetisi itu merupakan Kompetisi Tersistem kita sering melupakan bahwa itu juga merupakan kompetisi karena kita terjebak dalam sistem . Hal yang paling penting harus kita sadari sebagai urgensi dari bekompetisi adalah bahwa kedepanya, pada saat kita masuk dunia kerja kita akan menemui kompetisi sebenarnya dengan seluruh pesaing di nusantara bahkan di dunia. Apakah kita sudah merasa cukup dengan pengajaran yang ada di kuliah? Disinilah kita bisa mendapatkan stimulus tambahan dalam ilmu hukum melalui berkompetisi.....

Setelah mengetahui urgensi dari berkompetisi ini, masih takut dan menunda-nunda lagikah kita untuk tidak ikut berkompetisi?

"Tak Kenal, maka Tak Sayang" adagium inilah yang sering dikatakan untuk memulai perkenalan, disinilah pentingnya untuk kita untuk mengenal Kompetisi yang ada agar memang kita mengetahui apa saja Kompetisi yang dapat kita sesuaikan dengan minat dan cita-cita kita. Kami dari Divisi Kajian Keilmuan mengklasifikasikan dari 9 Kompetisi yang sering diadakan di FH menjadi 3 kelompok berdasarkan orientasinya. Pertama, berorientasi pada Penulisan Ilmiah dan Presentasi, terdiri dari Kompetisi : Esai Kritis, Karya Tulis Ilmiah, Legal Opinion, dan Legislative Drafting (Perancangan Peraturan Perundang-undangan). Kedua, berorientasi pada Public Speaking dan Penalaran terdiri dari Kompetisi : Cerdas Cermat dan Debat. Ketiga, berorientasi pada Studi Kasus dan Acting terdiri dari Kompetisi : Moot Court Competition (Peradilan Semu), Legal Contract (Kontrak Hukum), dan International Moot Court Competition (Peradilan Semu Internasional). Selain membandingkan antara kompetisi yang satu dengan yang lain, kami juga memperkenalkan klub-klub yang menjadi wadah dari Kompetisi yang ada seperti : Meriam Debating Club, Komunitas Peradilan Semu, dan International Law Moot Court Club yang ada di FH USU.


Sebelum masuk ke Fase terakhir, ternyata terjadi kesalahan teknis pada proyektor sehingga diisi dengan  Coffe Break untuk pembagian air minum dan snack untuk merecharge tenaga sejenak. Setelah semuanya kebali fokus dan siap berdiskusi lagi maka ada baiknya setelah pengenalan kompetisi, kita menerawang jejak-jajak perjuangan sang leluhur kompetitor, heheheh :D dari hasil riset kami, hahaha :D lebay... kami menemukan ada 18 jejak-jejak para Kompetitor-Kompetitor Fakultas Hukum yang telah mengharumkan nama baik USU antara lain :
2008 :
- Juara 3 Debat Mahkamah Konstitusi 
2009 :
- Juara 1 Debat Mahkamah Konstitusi
2010 :
- Juara 3 Debat Mahkamah Konstitusi
- Juara 3 Legislative Drafting Padjajaran Law Fair Universitas Padjajaran
- Juara 4 Moot Court Competition Universitas Udayana
- Juara 2 Esai Kritis Universitas Sumatera Utara
- Finalis 8 besar Karya Tulis Ilmiah Universitas Sebelas Maret
- Semi Finalis Debat Universitas Padjajaran
2011 :
- Juara 3 Debat Mahkamah Konstitusi
- Juara 3 Legislative Drafting Justice Fair Universitas Indonesia
- Juara 3 Debat Business Law Competition Universitas Indonesia
- Juara 2 Moot Court Competition Mahkamah Konstitusi Tingkat Regional
- Semi Finalis Debat Universitas Padjajaran
2012 :
- Finalis Legislative Drafting Universitas Parahyangan
- Juara 2 Debat Padjajaran Law Fair Universitas Padjajaran
- Juara 2 Debat Mahkamah Konstitusi Tingkat Regional 
- Finalis Legislative Drafting Padjajaran Law Fair Universitas Padjajaran
- Juara 4 Moot Court Competition Universtias Udayana

Setelah melihat foto-foto Kompetitor diatas, diharapkan timbul inspirasi yang mendalam diantara kita semua bahwa kita tidak kalah dengan Universitas-universitas lain yang ada diluar sana, dimana tekad dan semangat dapat mengalahkan fasilitas mewah dan kualitas pengajar...

Pertanyaan selanjutnya yang mari kita jawab bersama adalah..
WHO ARE THE NEXT GREAT COMPETITORS?
jawabannya tidak lain dan tidak bukan...
THE NEXT GREAT COMPETITORS ARE US!!!


Dengan jawaban yang menggemakan FH USU ini maka berakhirlah General Opinion dari Divisi Kajian Keilmuan.... :)) dan dilanjutkan Sharing and Advice dari Abangda kita bersama Bang Agmalun Hasugian, S.H. yang merupakan Pakar Hukum Tata Negara masa depan,, hehehhe... amin.... dengan didampingi kehadiranya oleh Kaka kami juga Ka Rizky Wirda, S.H. tentunya. Bang Agmal merupakan sosok yang sangat ditunggu-tunggu dalam diskusi ini, karena selain telah meninggalkan jejak-jejak Kompetitor di FH USU dia juga telah mencetak bibit unggul Komptitor yang siap bersaing di skala nasional ;)

Bang Agmal memulai sharing and advice dengan mengenalkan diri dan alhamdulillah Bang Agmal sekarang bekerja sebagai dosen Junior di Universitas Sutomo Medan yang notabenenya jabatan yang belum bisa diperoleh dengan S1 tapi berkat kualitas beliau, beliau berhasil memperolehnya, setelah itu bang agmal mulai berbagi kepada kami bagai mana pengalaman beliau dalam mengarungi derasnya arus kompetisi, dari mulai Lomba Debat di Unpar yang tidak ada uang untuk pulang ke Medan sampai akhrinya juga dapat merasakan manisnya kemenangan di Lomba Legislative Drafting Unpad. Banyaklah pokoknya pengalaman yang diceritakan beliau mulai dari suka dukanya berlomba, sampai bagaimana manfaat yang dirasakan menjadi seorang Kompetitor ketika masuk kedalam dunia kerja. Beliau juga menceritakan bagaimana kami adik-adiknya yang telah berhasil mengikuti jejaknya sebagai Kompetitor dulunya pao2 (bego2) hahaahha :D tapi alhamdulillah berkat izin Allah SWT dan tempaan beliau bersama senior yang lainya kami akhirnya juga dapat menjadi salah satu seorang kompetitor muda..


Beliau juga memberikan Tips-tips khusus bagi kita untuk memulai berkompetisi, dimulai dengan kata Berani, disinilah kita sebagai kompetitor-kompetitor muda harus berani mencoba sesuatu yang baru, berani untuk melangkah menjadi seorang pemenang, berani kalah untuk menjadi yang lebih baik, bahkan beliau mengatakan lebih baik kalah daripada menang, karena akan banyak hal dan hikmah yang diambil ketika kita kalah untuk menjadi orang yang lebih baik. Tips kedua yang beliau katakan adalah Belajat Lebih, beliau mengatakan bahwa "Berkompetisi ituu yahh sama saja dengan belajar berarti ketika kita berkompetisi, kita akan belajar lebih dibandingkan kawan-kawan kita yang tidak ikut berkompetisi, kalau kawan kita membaca 10 halaman, maka kita harus membaca 20 halaman, pokoknya belajar lebih dari orang lain". Terakhir yang Ketiga beliau mengatakan Jaga Silaturahim, kita sebagai Kompetitor-kompetitor muda mau bagaimanapun harus tetap menjaga nilai-nilai ukhuwah diantara kita khususnya sesama umat muslim, jangan sampai karena Kompetisi malah memutus silaturahim kita, tapi kita malah harus menyambung dan menambah silaturahim kita dengan rekan baru yang ada diluar kampus kita. Maka dari itu hal yang sangat penting bagi seorang Kompetitor setelah dia berhasil adalah rendah hati, karena dengan rendah hati kita akan  dapat menjadi sesorang yang bermanfaat bukan menjadi orang yang sombong, sehingga orang disekitar kita akan semakin menjalin silaturahim dengan kita bukan menjauhi kita. Diakhir pendapat beliau, beliau menceritakan kembali apa saja Kompetisi yang sudah beliau capai selama ini.


Akhirnya sampailah kita pada akhir acara Focus Group Discussion ke-II ini yang ditutup dengan pemberian hadiah oleh Divisi Kajian Keilmuan yang diwakilkan oleh Ka Natasha Siregar kepada para peserta diskusi sebagai wujud reward (penghargaan) kami terhadap antusiasme peserta, dengan cara mengajukan tantangan kepada siapa saja yang berani membuat ringkasan dari seluruh hasil kegiatan kita dari awal sampai akhir dan maju kedepan menyampaikanya, Alhamdulillah, ternyata ada juga adik kami yang berani bernama Amalia dari angkatan 2012 untuk menerima tantangan ini, hadiahpun diserahkan oleh Bang Agmalun sebagai guest star pada hari ini berupa Buku dengan judul "Cara Cerdas Memenangkan Kompetisi".
Sebelum pembacaan doa, kami dari Divisi Kajian Keilmua juga membagikan Kuesioner yang berisikan Evaluasi terhadap Kegiatan Hari ini dan juga Saran peserta Dikusi terhadap Kegiatan Divisi Kajian Keilmuan kedepanya, kami juga membagikan buletin dari Divisi Kajian Keilmuan yang ditulis oleh saudari Nurul Amelia angkatan 2011 dan juga flyer untuk kegiatan Divisi Kajian Keilmuan selajutanya yaitu Moot Court Workshop (Pelatihan Peradilan Semu) dan Law Tour... akhirnya Diskusi ini ditutup dengan pembacaan Do'a oleh saudara Shanditya Sultan yang sekaligus menutup acara ini, namun sebelum pulang tentunya kami juga berfoto bersama untuk kenang-kenangan.... :D


Sekali lagi kami Divisi Kajian Keilmuan mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan keaktifan Kompetitor-Kompetitor Intelektual Calon Penerus Bangsa yang inyallah selalu dirahmati Allah dalam diskusi ini,,
Mohon maaf bila ada kekurangan atau kesalahan kami dalam menjalankan acara ini, karena sesungguhnya hal tersebut datang dari kami sedangkan kebenaran dan kesempurnaan hanya milik Allah SWT...
See u All in our next Activity :
Moot Court Workshop (29 September 2012)
and Law Tour (First Week at October)
so, dont miss it ;)

and ofcourse special thanks for all member of Divisi Kajian Keilmuan, u all the best (^___^)9

Wallahu a'alam bis-shawab
Wabillahi taufik walhidayah,,
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..... :D :D
~rewin~

3 komentar:

  1. Silahkan untuk memberikan Komentar maupun Saran baik untuk acara FGD II kita kemarin maupun deskripsi hasil kegiatan FGD kita diatas pada kolom komentar ini...
    Jazakaullah khayran,, ^___^

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah... FGD ke-2 tlah selesai dilaksanakan...

    Terima kasih kpd DIVISI KAJIAN KEILMUAN yg SANGAT LUAR BIASA, penuh semangat mengadakan kegiatan/acara ini..
    Terima kasih jg kpd keluarga besar BTM ALADDINSYAH, SH FH USU, yg turut mensukseskan kegiatan/acara tsb..

    Semoga kegiatan/acara kita ini dpt terus ada..
    Semakin meriah, berkualitas, dan lain sbagainya (terus meningkat bernilai positif)

    INSYAALLAH RAHMATULLAH..!!!! ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jazakaullah khayran Pak Ketum,,
      Syukron atas Doa dan Supportnya selalu,
      semoga kami dapat menjalankan amanah ini secara lebih maksimal kedepannya :D

      Hapus